CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 18 Mei 2011

Dugeun Dugeun

alhamdulillah banget seperti yang udah gw post di postingan sebelum ini, akhirnya gw berhasil lulus dari SMAN 8 Jakarta, target gw uan rata2 9 sebenernya tapi alhasil 8,9 yah deketlah bisa dibuletin hehehehe.

terus gw mau cerita soal detik2 proklamasi kemaren, alias detik2 pengumuman SNMPTN jalur undangan, salah satu jalur yang bisa ditempuh untuk dapet universitas (see, salah satu jalur bukan satu2nya). awalnya pengumuman SNMPTN undangan dijadwalkan pada tanggal 18 Mei 2011, 2 hari setelah pengumuman kelulusan, tapi 16 Mei malam udah ada berita ternyata dimajuin pengumumannya jadi 17 Mei pukul 19.00. mules2lah itu semua peserta, dari 8 sendiri ada 270 yang berkesempatan untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan ini.

gw sendiri pas awal daftar sebenernya ga terlalu yakin bakal dapet, jadi gw menganggap ini hanya iseng2 berhadiah PTN, karena ternyata rankingnya diurutin berdasarkan nilai mipa saja, jadinya gw yg awalnya ranking 14 sekelas 89 seangkatan tiba-tiba terjun bebas gapake parasut jadi ranking 25 sekelas dan 205 seangkatan, ditambah lagi gue gapunya sertifikat prestasi apa2, gapernah menang lomba apa2, apalagi osn, yakali ngarep banget, udah gitu gw kan anak ipa tapi gw milihnya jurusan ips semua, semakin unyil lah kesempatan gw buat diterima, makanya ini iseng2 berhadiah, gw pun semangat BTA karena gw tau gw gabisa ngarepin undangan. gw juga nelponin agen univ Malaysia buat ngirimin contoh berkas sama formulir yang harus gw lengkapin buat apply kesana, cadangan misalnya gw ga dapet di Indonesia.

tanggal 17 Mei sekitar jam 4an sore gitu tiba2 di twitter udah rame ada situs yang bisa buka hasil undangan dan udah ada beberapa yang tau, cuma officialnya jam 7 kan jadi masih pada ga percaya takut hoax, beberapa waktu sebelomnya gw yang abis TO BTA bilang ke kakek (baca: Erry) kalo gw males ngeliat hasilnya entar malem paling juga webnya kepenuhan kebanyakan yang akses gw bukanya besok apa lusa aja deh, terus akhirnya kakek mau bukain terus ngeliatin hasilnya. yaudah pas jam 4an itu gw bilang aja udah bisa di akses, terus sama kakek dibukain kan nah pas itu jantung gue udah 150km/jam kali kecepatan detaknya, kalo kata SNSD dugeun dugeun, gemeteran, lompat2, ampe Reihan yang ngeliat heran sendiri ada apa dengan kakaknya. terus gw bilang jangan kasih tau gue, entar malem aja jam 12. terus reaksinya kakek...
"cah udah gw buka nih, lo yang semangat aja ya ntar gw traktir kok, terus mulai sekarang latian soal lagi aja, banyak2 baca.." dipikiran gw aduh yaudah deh pasti gadapet deh terus dilanjutin "baca2 tentang... lo maunya apa nih? hukum, HI apa komunikasi?" pas ini ada secercah harapan, terus dilanjutin lagi "kayaknya makara lo warnanya merah deh, lo kelas apa 12 a bukan?" gue bilang hah bukan gue 12 G, terus kata kakek "nah berarti bener ini lo" gue langsung lari ke atas nyuruh Puji buka, terus kata Puji "kok taggal lahir salah?" ternyata dia nulisnya 1992 -___-" pas udah bisa kebuka, "yeay, dapet nih hukum" terus ngeliat sendiri terus gapercaya banget aaah gilaa, terus gw biasanya suka lompat ke kasur nyokap yang spring bed, nah ini gw lupa kasur gw ga springbed gw lompat eh kayunya patah -__-". terus sms Pity, katanya dia dapet FKUI tapi masih belom percaya juga.

tapi berhubung yang lain masih pada ga percaya juga gue juga ga mau seneng2 dulu, soalnya ga lama kemudian webnya gabisa di akses lagi, dan di web UI juga belom bisa dibuka katanya tunggu jam 7. oke itu 2 jam terlama dalam hidup gw kayaknya, digantungin antara udah di bawa terbang tinggi lalu dijatohin lagi, atau emang beneran, tapi sedih juga karena ternyata banyak yang belom dapet, yang udah dapet berharap hasilnya ga berubah, yang belom dapet berharap hasilnya berubah, tapi kalo gw cukup yakin itu bener karena masa iya webnya tau segitu detailnya tentang kita dengan hanya masukin no pendaftaran sama tanggal lahir. jadi gw cukup optimis, lega dan bersyukur pastinya pada saat itu, pas jam 7 teng gw bukanya langsung dari website UI dan ternyata beneran gw dapet ilmu hukum, pilihan pertama gw. alhamdulillah.

terus ngeliat di twitter sama plurk, banyak yang dapet tapi ternyata lebih banyak yang belum beruntung, dari 270 hanya 97 yang tembus SNMPTN undangan di 8, dan beberapa nama yang bener2 semua yakin 99% mereka dapet eh ternyata ga lolos, padahal mereka osn padahal mereka dewa dewi kenapa bisa ga dapet, yah wallahualam lagi2. beberapa juga ada yang nulis kalo 8 pelit nilai, tapi gw yakin ini bukan masalah nilai ini masalah faktor X yang hanya Allah dan yang menilai yang tau apa itu faktor Xnya, tapi yang jelas ini bukan masalah nilai semata. karena yang lolos juga mulai dari superior sampe inferior, rata, gabisa diprediksi. banyak yang biasa aja lolos banyak yang pinter ga lolos, lagi2 yah wallahualam. tetep positive thinking aja sama Allah, Allah janji kan pasti akan mengabulkan doa hamba-Nya entah itu sekarang, nanti, atau nanti lagi ketika di akhirat, yang pasti Allah gapernah ingkar janji. selain itu mungkin kita bisa memprediksi, kita bisa ngayal, kita bisa berencana, tapi semua Allah juga yang atur dan skenario Allah pasti lebih indah daripada cerita negeri dongeng manapun. jadi tetap semangat, usaha, doa, karena ini bukan jalan satu2nya ya kan.

sedikit cerita lagi, 2 hari sebelomnya berturut2 gw mimpi dapet snmptn undangan dan makanya pas hari H nya gw takutnya itu masih mimpi. gw gamau kuliah di universitas lain selain UI di Indonesia, karena dari kecil dari gw masih piyik, dari gw SD nyokap gw udah ngayal udah nyuruh gw buat masuk UI jadi cadangan gw makanya di luar negeri, dan nyokap gw amat bahagia anaknya gajadi harus ke luar negeri. gw inget banget pas masih SD awal2 gw pernah nanya ke guru gue "bu emang masuk UI itu susah ya?" terus kata guru gw pada dasarnya masuk perguruan tinggi itu susah, mungkin karena itulah gw jadi semangat belajar (?)
dan nyokap gw juga suka ngayal gw dapet pmdk, ditambah lagi kakak sepupu gue ada yang dapet FKGUI lewat pmdk, dan nyokap gw pun bilang "coba ya kakak bisa dapet pmdk pasti asik banget", dan waktu pendaftaran PPKB UI gw ga kepilih agak sedih sih, tapi emang semua juga ada jalannya ya kalo udah takdir, tiba2 pemerintah bikin SNMPTN undangan yang gw anggap sebagai pmdk bersama universitas2 di Indonesia, dan siapa sangka gw bisa tembus (gw yakin doa emak super ngaruh 1000%).
jujur di dalam doa gw, gw gapernah minta buat masuk UI, gapernah minta keterima undangan, gw cuma minta yang terbaik dari Allah atas usaha2 gw selama ini. tapi semakin akhir deket pengumuman, gw sadar akan keinginan nyokap gw dan bokap gw yang besok ultah, gw berdoa kalo gw besok dapet maka itu buat kado bokap gw dan buat jawaban atas khayalan nyokap gw sedari gw kecil, bukan buat gw sendiri. nyokap gw pengennya gw masuk FK bokap gw pengennya gw ambil FE tapi gw gasuka 22nya, hehe jadi FH juga jaketnya sama2 kuning kok hehe. alhamdulillah direstui. gapernah kepikiran ngambil hukum sesungguhnya pengennya HI atau ga komunikasi tapi kata bokap gw dari hukum bisa kemana2 dari HI atau komunikasi gabisa ke hukum, ditambah lagi pas denger presentasi kakak2 2010 tentang UI di 8 waktu itu gw langsung aja jatuh hati ama hukum, jadilah di detik2 terakhir daftar undangan gw ngubah urutan pilihan gw dari HI komunikasi hukum jadi hukum HI komunikasi, dan emang jodoh gw di hukum ternyata, yah berdoa aja semoga gw bisa menjalankannya dengan sebaik2nya :)

0 komentar:

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...